Tags

, , , ,

Berbicara di depan umum memang gampang-gampang susah, makanya banyak orang yang belum mampu melakukannya. Walau begitu, sebenarnya tidak ada tips khusus untuk bisa melakukan itu. Semua orang bisa berbicara di depan orang banyak, asal ia mau! Ya, yang penting ada kemauan saja! Kok segampang itu? Emang!!

Tadi malam setelah mengisi tausiyah Ramadhan, ada yang sampai bilang ke saya, “Pak saya ingin sekali bisa berbicara di depan orang banyak, tapi sepertinya saya tidak punya bakat untuk itu”

Karena memang tulisan ini idenya dari kalimat itu, maka yuk kita bahas. Pertama, kalimat itu adalah bukti bahwa orang yang menyampaikannya memiliki kemamauan untuk bisa berbicara di depan orang banyak. Ia ingin sekali, adalah sebuah modal awal yang baik baginya untuk bisa. Sayang kalimat keduanya beraroma psimis.

Seperti yang saya katakan di awal tulisan ini, berbicara di depan umum memang gampang-gampang susah, tidak semua orang bisa melakukannya. Kadang ada orang yang sudah bergelar macem-macem, memiliki jabatan yang baik, kaya raya, ganteng, tapi tetap saja grogi kalau diminta berbicara di depan umum. Apakah karena mereka tidak berbakat? Sepertinya tidak! Mereka hanya tidak sering latihan!

Kemampuan berbicara itu sama dengan menulis! Tidak perlu bakat, hanya perlu latihan terus-menerus! Keduanya adalah keahlian, dan kita semua sudah mafhum bahwa keahlian itu didapat karena seringnya kita latihan dari hari ke hari, tidak berhenti. Di awal memang grogi akan menyerang habis-habisan, jantung berdebar kencang sekali! Tapi percayalah, itu hanya di awal saja, semakin sering kita melakukannya maka grogi itu akan berangsur-angsur hilang.

Grogi tidak akan pernah hilang dengan terus-menerus menghindarinya. Grogi itu nyata dan harus dihadapi!

Kemudian, kalimat kedua yang disampaikan oleh sahabat saya itu juga mengakibatkan mental block ke dirinya sendiri. Secara tidak langsung ia sudah menanamkan pada alam bawah sadarnya bahwa ia tidak mampu berbicara di depan umum. Walau saya sendiri tidak tahu seberapa parah mental block yang ditimbulkan dari kalimat itu, tapi mental block itu harus segera dihancurkan.

Untuk bisa berbicara di depan umum, terlebih dahulu kita harus memiliki keyakinan bahwa kita bisa! Keyakinan inilah yang akan menunjukkan bagaimana jalan untuk mencapainya.

Jadi kesimpulannya adalah kita semua bisa berbicara di depan umum asal terus berlatih dan yakin bahwa kita bisa! Silakan menambahkan!

Salam Ukhuwah, SYAIFUL HADI