Tags

, , , , , , ,

Tubuh ideal adalah dambaan bagi kita semua, terutama kaum hawa. Biasanya demi mempertahankan bentuk tubuh ideal dan agar tetap cantik, wanita akan menjaga pola makannya yang sering kita kenal sebagai diet. Pada awalnya sih hanya ingin menjaga tubuh tetap ideal, namun lama-kelamaan keinginan ini akan menjadi obsesif dan tak terkendali. Inilah yang disebut penyakit Anoreksia Nervosa.

Menurut WIKIPEDIA Anoreksia Nervosa (NA) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Seseorang yang menderita AN disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Anorexia adalah istilah medis yang berarti gejala kehilangan nafsu makan. Anorektik dapat juga menunjuk ke obat penahan nafsu.

Penyakit Anoreksia Nervosa ini sering menjadikan penderitanya sangat kurus hingga tak jarang menyebabkan kematian. Untuk menghindarinya, yuk kita simak tanda-tanda orang yang terkena Anoreksia Nervosa :

  1. Menjadi sangat kurus dan lemah karena kekurangan gizi
  2. Terobsesi dengan pola makan (waktu dan jumlah) serta kontrol berat badan
  3. Menghindari makanan seperti daging, susu, lemak, karbohidrat, dan makanan lain yang dianggap bisa menaikkan berat badannya
  4. Sangat sering mengukur berat badannya sendiri
  5. Merasa kegemukan padahal tidak
  6. Sering melakukan olah raga berlebihan
  7. Menarik diri dari kegiatan sosial, terutama pesta dan acara makan-makan
  8. Pada kondisi yang parah, wanita penderita Anoreksia Nervosa akan berhenti haid

Setelah tahu gejala-gejalanya, sekarang kita simak lima kasus Anoreksia Nervosa paling mencengangkan yang pernah ada :

  1. Anoreksia pada dua gadis kembar identik

Dua gadis kembar berusia 20 tahun harus berjuang untuk hidup. Tubuh yang sangat kurus ibarat kulit pembungkus tulang membuat mereka tampak seperti wanita tua karena tulang pipi yang terlihat tinggi.

Ayahnya Christy (58 tahun) dan istrinya Clare (56 tahun) harus mengantarkan si kembar yang menghabiskan sebagian besar hidup masa remaja dan dewasa untuk keluar masuk klinik pemulihan. Si kembar bahkan pernah dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan untuk mengalahkan anoreksia.

2.   Anoreksia pada model pria hingga meninggal

Jeremy Gillitzer pernah menjadi model pria berwajah tampan dan penampilan menakjubkan dengan perut six-pack. Tapi dibalik penampilan luar biasanya, banyak orang yang tidak tahu bahwa ia berjuang keras melawan anoreksia dan bulimia. Karena kelaparan kronis, merangsang diri sendiri untuk muntah dan olahraga tak kenal lelah, tubuhnya menjadi sangat kurus. Ia akhirnya meninggal pada usia 38 tahun di 2010 dengan berat badan hanya 29 kg.

3.  Ibu kurus anoreksia hingga ia bisa mengenakan baju anaknya yang berusia 7 tahun

Rebecca Jones (26 tahun) bangga bisa mengenakan baju putrinya Maisy yang baru berusia 7 tahun dan memiliki berat badan lebih besar ketimbang ibunya. Namun Rebecca tak sadar bahwa dibalik kebanggaannya tersebut terdapat masalah besar yang mengintainya. Ia terancam membuat dirinya sendiri kelaparan hingga mati.

Rebecca telah bertahan dengan hanya makan sup, roti bakar dan minuman energi selama empat tahun, tapi sembilan bulan lalu ia pernah dilarikan ke rumah sakit. Dia memiliki tingkat kalium sangat rendah dan denyut nadi sangat tinggi.

4.  Gadis Anoreksia yang berjalan 12 jam sehari

 

Berat badan Lauren Bailey turun hingga 22 kg setelah berjalan kaki hingga 12 jam sehari. Berat badannya yang sangat kurus membuatnya harus dirawat selama 18 bulan di rumah sakit sebagai upaya terakhir mengatasi anoreksia.

 

 

 

 

 

5.  Seorang ibu yang berjuang melawan Anoreksia demi mendapatkan keturunan

Melihat tulang belulang yang menonjol di tubuh Hayley Wilde dengan berat badan hanya 31 kg, membuat dokter mengeluarkan diagnosis ia akan meninggal dalam waktu seminggu. Ia berjuang melawan anoreksia sejak usia 11 tahun. Setelah 8 tahun melawan anoreksia ia kembali bangkit dan berhasil melahirkan anak laki-laki. (Sumber : INI dan INI)

Menjaga tubuh tetap ideal demi kesehatan adalah hal yang baik, namun jangan sampai berlebihan ya..

Salam Ukhuwah, SYAIFUL HADI