“Tunjukilah kami jalan yang lurus” Al Fatihah ayat 6

Ayat ini lumrah bagi anda yang muslim, jika anda melaksanakan shalat lima waktu, maka paling tidak 17 kali sehari semalam anda membaca ayat ini.

Ayat ini mengajarkan kepada anda untuk senantiasa meminta kebaikan kepada Allah, terutama meminta untuk terus dimudahkan dalam urusan agama. Tidak baik sepertinya jika anda justru meminta hal-hal yang tidak baik menurut agama ini.

Mintalah agar bisa menjalankan shalat lima waktu dengan baik dari hari ke hari. Mintalah agar diistiqomahkan dalam kebaikan, dimudahkan untuk selalu bisa berbagi dengan sesama, dan sebagainya.

Semua kebaikan yang sudah anda lakukan selama ini tidak terlepas dari campur tangan Allah. Allah lah yang menggerakkan kaki anda sehingga mudah melangkahkannya ke masjid untuk shalat. Allahlah yang menggerakkan hati anda untuk bisa berbagi dalam susah dan senang. Dalam semua kebaikan kita selalu ada campur tangan Allah.

Untuk itulah tidak pantas jika anda menjadi sombong atas semua kebaikan yang sudah kita lakukan. Karena anda tidak mungkin bisa melakukan itu semua tanpa bantuan Allah.

Justru sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk terus bersyukur kepada Allah atas semua kemudahan selama ini.

Salam Ukhuwah, Syaiful Hadi.