“Hanya kepada Mu lah kami menyembah dan hanya kepada Mu lah kami memohon pertolongan” (Al Fatihah ayat 5)

Bagi anda umat Islam, jelas sudah sangat familiar dengan ayat ini, paling tidak anda membacanya 17 kali sehari semalam. Itu dengan asumsi anda shalat lima waktu sehari semalam. Walau pada kenyataannya, umat Islam yang shalat lima waktu itu hanya sedikit sekali.

Dari ayat ini anda harus belajar bagaimana seharusnya menjalani kehidupan. Allah menciptakan hak dan kewajiban. Keduanya biasa ada sebagai sebab akibat. Misal, kewajiban anda adalah bekerja, kemudian setiap bulan anda akan mendapatkan hak anda, gaji dan berbagai tunjangan.

Tidak baik hanya menuntut hak saja tapi melalaikan kewajiban. Apalagi sebaliknya, sangat merugikan bagi anda jika anda hanya melakukan kewajiban saja tanpa mau meminta hak anda.

Allah saja merangkai keduanya, hak dan kewajiban dengan sangat indah. Anda bertaqwa, hak anda syurga. Anda berbuat baik, hak anda pahala. Begitulah indahnya Islam.

Lalu bagaimana melakukan keduanya? Di ayat ini Allah menjelaskan, lakukan kewajiban mu dahulu dengan murni hanya menyembahKU, baru AKU akan akan memberikan hak mu, memberikan pertolongan kepada mu.

Jadi jika selama ini anda sudah meminta kepada Allah untuk segera mendapatkan jodoh tapi belum diberi, maka silakan cek kualitas ibadah dan ketaqwaan anda, mungkin ada yang tidak beres! Jika sudah setiap hari meminta agar dilunasi utang-utangnya dan berikhtiar, tapi belum juga terlunasi, maka cek sedekah dan dhuha anda, mungkin sering kali terlalaikan. Jika sudah sering anda menyampaikan permintaan kepada Allah namun belum juga dikabulkan, maka tengoklah kualitas keimanan kita. Mungkin ada yang koyak.

Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bish showab.

Salam Ukhuwah, Syaiful Hadi.