Image

Memasuki bulan ketiga saya di Kota Bangun, Kec. Sebawi, kab. Sambas, Kalimantan Barat. Sudah begitu banyak kegembiraan yang tercipta. Senang sekali berada disini.

Untuk evaluasi dua bulan yang sudah saya lalui disini, maka saya meminta ke semua siswa kelas lima untuk memberikan kesan dan pesan ke saya, berikut lah isinya.

Norma said, “Pak Syaiful itu orangnya baik, tidak suka marah, kalau belajar dengan pak Syaiful asik sekali. tetapi kalau menjelaskan matematika jangan terlalu cepat ya pak. Jadi kalau terlalu cepat tidak masuk ke otak. Maaf ya pak, jangan marah”

Bapak tidak akan marah kok, Norma. Tenang aja ya..

Sahrul said, “Pak Syaiful adalah guru yang mandiri dan pak Syaiful juga mengajarkan kepada kami sopan santun. Mengajarkan kepada pemuda-pemudi kota bangun untuk menghargai orang lain. Dia juga mengajarkan huruf hijaiyyah yang benar. Tidak huruf yang sama. Akhirnya saya bisa, tapi masih ada yang belum bisa. Tapi pak Syaiful tidak putus asa, terus mengajarkan kepada kami sampai bisa. Sekarang saya dan teman sudah bisa menghapal surah Al Falaq dengan benar. Untuk pak Syaiful, terimakasih dan semoga sukses”

Sukses juga untuk kalian ya..

Sumarni said, “Pak Syaiful orangnya baik, ganteng, dan sopan kepada semua guru yang ada di kantor. Setiap hari pak Syaiful dibawakan makanan sama anak Pak Abduh yang bernama Rosyid dan Rolis”

Wow, saya ganteng.. Ya iyalah, masa cantik..

Boy Sandi said, “Pak Syaiful orangnya sangat baik dan juga jujur kepada orang lain. Ia juga tidak pernah marah kepada orang lain. Pak Syaiful memang orang yang sangat baik kepada orang lain. Ia juga ganteng. Ia juga selalu sabar dan tabah. Ia guru yang sangat baik kepada anak-anak di sekolah”

Ah kamu terlalu melebih-lebihkan Boy..

Siska said, “Pak Syaiful membuat hati saya gembira dan menyenangkan. Semua anak murid menjadi senang dengan pak Syaiful. Pak Syaiful saya bisa ceria dan gembira menghapalkan rumus keliling dan rumus folum dan luas bangun datar. Pak Syaiful itu baik. Kami belajar memungut sampah dan mengaji. Mengaji dengan pak Syaiful itu sangat gembira”

Bapak juga gembira berada di tengah-tengah anak-anak hebat seperti kalian..

Selpia said, “Pak Syaiful itu menyenangkan dan orang yang baik. Pak Syaiful itu membuat tertawa dan pak Syaiful membuat soal itu ada mudah dan ada mudah”

Kamu juga menyenangkan Selpia..

Rini said, “Pak Syaiful itu orangnya baik dan tidak pemarah dan pak Syaiful itu menjaga kebersihan. Saya suka dengan prilaku pak Syaiful. Kalau dibandingkan dengan pak Mohtar tentu prilaku pak Syaiful lebih baik”

Aduh Rini yang baik, semua guru itu baik. Pak Mohtar juga baik, kalau kamu bisa mengenali dengan baik kamu akan menemukan kemuliaan di diri Pak Mohtar..

Julaika said, “Pak Syaiful orangnya baik dan menyenangkan. Selama ada pak Syaiful di sekolah ini, setiap hari kami selalu membersihkan halaman sekolah. Pak Syaiful suka menegur siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Pak Syaiful tidak sombong, banyak orang yang suka padanya”

Bapak cuma ingin berbagi kepada kalian anak-anak hebat..

Muslina said, “Pak Syaiful baik dan sopan kepada orang-orang dan baik kepada kami dan tidak pernah marah-marah kepada kami dan bapak suka tersenyum kepada anak-anak di sekolah maupun di luar sekolah”

Senyum adalah ibadah sayang, maka tersenyumlah..

Jamhari said, “Bapak Syaiful itu orangnya sangat ganteng dan juga pintar. Ia sangat baik kepada semua orang dan juga kepada anak-anak. Saya suka ada pak Syaiful di sekolah kami”

Terimakasih Jamhari..

Mini said, “Pak Syaiful baik sama kami semua dan bapak tidak terlalu jelek dan bagus, lumayan bagus. Pak Syaiful baik kepada orang-orang semua dan baik kepada anak-anak sekolah maupun luar sekolah”

Terimakasih Mini, teruslah membantu orang tua ya.. Siswaku ini selalu membawa gorengan ke sekolah untuk dijual, sejak dini Ia sudah harus membantu mencari nafkah. Semoga kelak kamu jadi orang yang sukses Mini, bapak bangga padamu..

Elsifa said, “Pak Syaiful itu orangnya baik, mengasikkan, dan suka bergurau. Sehingga kalau dia mengajar itu menyenangkan sehingga kitapun senang kalau diajarin pak Syaiful. Kalau pak Syaiful itu ada guraunya adapun serius dalam mengajar”

Iya Elsifa, bapak memang harus bisa mengajar menyenangkan untuk kalian..

Rosyid said, “Bapak Syaiful adalah orang yang pintar mtk dan membagikan ilmu mtknya kepada kelas V dan kami senang belajar mtk sama pak Syaiful dan dia selalu mengingatkan kepada kelas V, sampah tidak boleh dibuang ke jendela”

Rosyid, kita harus membuang sampah di tempatnya, di tong sampah.. yuk kita buat sekolah kita tanpa sampah sehelai pun..

Bunjiri said, “Pak Syaiful itu sangat-sangat menyenangkan. Kami disuruh memungut sampah setiap hari dan setiap jam 07.00 kami berkumpul di lapangan. Siapa yang terlambat akan dihukum, keliling lapangan 5 kali”

Kita harus disiplin sejak dini Bunjiri, semangat ya..

Anonim said, “Pak Syaiful itu orangnya baik dan ramah. Setiap sore saya dan teman-teman diajari mengaji. Mengaji sama pak Syaiful enak, ada bercandanya dan ada bermainnya”

Mari belajar menyenangkan..

Dari kesan dan pesan siswa kelas V ini saya mengambil beberapa pelajaran.

  • Harus lebih pelan mengajar Matematikanya, ada beberapa anak yang susah mengikuti.
  • Anak-anak suka bermain sambil belajar, maka saya harus meningkatkan lagi kemampuan itu.