Saya tidak pernah melihat ada wajah yang tersenyum namun tidak terlihat cantik,

@TIPS_GAUL, beberapa menit yang lalu on twitter

Kok terlihat cantik? Kenapa nggak ganteng? Emang laki-laki nggak bisa senyum? Beberapa pertanyaan berseliweran di kepala.

Image

Sejak ngeblog, saya memang menjadi gemar sekali menulis. Biarlah. Toh saya selalu yakin, nggak ada yang sia-sia, siapa tahu nanti kumpulan tulisan saya bisa menginspirasi orang, Siapa tahu di sini saya bisa mendapatkan teman atau bahkan mungkin saudara. Nggak ada yang mustahil bukan?

Kembali ke soal senyuman yang menjadikan wanita cantik. Sekali lagi, saya iseng saja, kok kalimatnya begitu? Kenapa nggak ganteng?

Sebuah senyuman memang memiliki arti lebih dalam daripada sekedar kata. Lengkungan di bibir menyiratkan sebuah komunikasi sosial. Bagiku senyuman adalah bahasa global yang dimengerti oleh semua orang di seluruh dunia. Senyuman juga adalah sebuah sihir yang dihalalkan dalam Islam. Mengapa saya menyebutnya sebagai sihir? Ya suka-suka saya saja lah, kan saya yang nulis.

Penulis Marianne LaFrance dalam buku barunya ‘Lip Service’ menulis bahwa setiapsenyuman merupakan sebuah magnet sosial, parameter kepercayaan, sebuah perangkat penebar kemarahan, alat tawar menawar, hingga alat menjaga ikatan sosial.

Itulah sebabnya, sunggingan di wajah merupakan ekspresi yang paling cepat dikenali. “Tak peduli apakah itu senyum nyengir, menyeringai menakutkan, atau berseri-seri, semuanya memiliki arti,” ujar LaFrance, Profesor Psikologi Universitas Yale. Dia menambahkan, sebuah senyuman bahkan berpengaruh pada politik, pekerjaan, hubungan, dan budaya.

Meskipun tersenyum sering menandakan kebahagiaan, ekspresi ini juga menyampaikan berbagai emosi mulai dari menghibur, rasa malu, penipuan hingga menghina. Nah lo, makanya tak heran kalau kita sering melihat senyuman seseorang namun nggak menentramkan, ada udang di balik bakwan kalau kata orang sekarang. Coba bandingkan dengan bayi, dialah manusia paling ikhlas memberikan senyuman, menyenangkan sekali melihat bayi tersenyum bukan?

Studi LaFrance juga menyebutkan, ada perbedaan cara tersenyum pria dan wanita. Wanita rata-rata lebih banyak tersenyum ketimbang pria. Salah satu alasannya, kata LaFrance, adalah alasan biologis.

Para peneliti menemukan otot senyum utama, yang dikenal sebagai zygomaticus lebih besar dan tebal pada wanita daripada pria.  Kedua, area kerja wanita kebanyakan membutuhkan sosialisasi yang lebih banyak dibanding pria. Dan, umumnya wanita lebih cenderung memiliki keinginan bersosialisasi.

Wanita sering berperan mengatur kegiatan sosial, mengurangi konflik, dan peduli kehidupan emosional orang lain” tambah LaFrance.

Meskipun senyum biasanya memperlihatkan ekspresi positif ada sisi gelap di dalamnya. Seperti tersenyum saat menyembunyikan perasaan atau bersikap sinis.  Senyum merupakan sebuah topeng yang besar,” kata LaFrance.

Senyum adalah sebuah pendekatan paling mudah saat pendekatan lain tidak bekerja” ungkapnya kepada laman MSNBC.

Jelaslah bahwa perempuan memang lebih sering tersenyum daripada laki-laki, dan kalian memang terlihat lebih cantik jika tersenyum. Maka, tersenyumlah sekarang.. tuh kan cantik.

Salam Ukhuwah