Image

Pok ame ame, belalang kupu-kupu, siang makan nasi kalau malam minum susu, masih ingat dengan lirik lagu anak-anak ini? Saya yakin kita semua hapal. Lagu ini adalah lagu yang dulu sering dinyanyikan kepada anak-anak saat menimang sang buah hati. Apakah sekarang masih ada yang suka menyanyikan lagu ini? Atau adakah yang tahu siapa pencipta lagu itu? Entahlah.

Lagu ini mengajarkan kepada kita bahwa siang itu makan nasi, karena tubuh sudah banyak kehilangan energi sedangkan malam, ketika hendak tidur, kita minum susu, baikkah minum susu malam hari?  Ya benar!! minum susu yang baik adalah ketika malam hari. Susu akan membantu anak anda tidur terlelap dan tenang. Hal ini terjadi karena kandungan triptofan yang ada di dalam susu.

Ketika mencapai otak, triptofan memicu produksi hormon melatonin yang merangsang relaksasi. Selain triptofan, karbohidrat dan kalsium juga mempengaruhi pelepasan melatonin. Berikut adalah beberapa macam makanan yang bisa memicu produksi melatonin.

1. Makanan yang Mengandung Triptofan

Daging unggas, khususnya kalkun, memiliki jumlah kandungan triptofan yang tinggi. Triptofan juga ditemukan dalam produk susu dan kedelai, seperti keju, susu, susu kedelai, tahu, dan keju. Makanan lain yang tinggi akan triptofan termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, dan telur.

2. Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat sendiri tidak memicu produksi melatonin, tetapi memicu produksi insulin. Insulin penting dalam proses produksi melatonin karena memungkinkan triptofan untuk lebih mudah mencapai otak sekaligus menghambat produksi asam amino tirosin. Tirosin merupakan zat yang menyebabkan otak untuk mengirim sinyal “bangun” alih-alih sinyal relaksasi. Jika karbohidrat merangsang relaksasi, protein memberikan efek sebaliknya. Itu sebab, jika Anda ingin cepat tertidur, konsumsilah makanan tinggi karbohidrat.

3. Makanan Mengandung Kalsium

Kalsium membantu otak lebih efektif menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin, sehingga meskipun tidak berperan langsung tapi setidaknya meningkatkan proses. Kalsium ditemukan paling banyak dalam produk susu dan sejumlah makanan seperti jus jeruk serta makanan lain yang ditambahkan kalsium kedalamnya. Kalsium juga tersedia dalam bentuk suplemen. Sama seperti karbohidrat, kalsium memicu proses pelepasan melatonin oleh otak.

Kini jelaslah bahwa mimik susu itu bagusnya di malam hari. Maka lagu anak-anak di atas mungkin saja diciptakan oleh seorang ahli pangan. Tapi entahlah.

Salam Ukhuwah.