Emang susah jadi rakyat jelata di negeri feodal seperti Indonesia. Rakyat jelata tidak akan diperhatikan, tidak ada harganya. Walau demokrasi digaung-gaungkan, tetap saja feodal melekat dan telah mengakar di hati. Bagaimana tidak, 3.5 abad Belanda menanamkannya. Feodalisme mengajarkan bahwa semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi pula pendapatan dan kehormatan.

Seperti anggota dewan sontoloyo kita, anggaran menggila dan menggurita. Padahal banyak rakyat negeri ini yang susah hanya untuk sesuap nasi, susah membeli buku sekolah, susah membeli susu, susah sakit, yang tidak susah ya anggota dewan sontoloyo itu. untuk urusan buang hajat saja, tempat buang sampah pencernaan, hingga 2 miliar.

Kemudian untuk ruang rapat, kamar tidur bersama ini menghabiskan dana hingga 20 miliar lebih. Ruang produksi kebijakan negara ini dikabarkan menggunakan meja dan kursi dari Jerman (Metro TV). Emang tidak ada ya anak negeri ini yang bisa membuat meja dan kursi?? Sepertinya kita akan lebih sepakat jika anggota dewan itu lebih banyak turun ke masyarakat, menyaksikan langsung kesengsaraan kita yang ada di bawah ini, bukan hanya duduk, diam, tidur, berkelahi, atau nonto bokep saat rapat.

Belum cukup, masih ada anggaran parkir, besarnya 3 miliar. Parkiran yang direncanakan akan mampu memuat 2000 unit motor ini sedang dilaksanakan. Parkiran super mewah kali yan yang menghabiskan dana sebanyak itu, entahlah. Aku tidak tahu tentang itu.

Malam ini aku lagi-lagi terbelalak, DPR ternyata juga menganggarkan uang kalender dengan harga Rp.116.000 per eksemplar padahal harga normal kalender dengan kualitas serupa hanya mencapai 35.000 per eksemplar. Total dana anggaran kalender menghabiskan 1.5 miliar. Manja sekali anggota dewan sontoloyo itu, mengapa untuk kalender juga mereka memakai uang negara?

Terakhir, mereka juga menghabiskan dana sebesar 1.59 miliar untuk wewangian ruangan. Inilah wewangian mahal yang diharapkan bisa menutupi kebusukan kinerja mereka. Entahlah.

Apa yang bisa kita lakukan? Aksi di jalanan? Sudah tidak bergigi, tidak akan mengubah apa-apa. Diam saja, berdoa semoga mereka segera di ganti atau cepat mati.