IMPERIUM III, Zaman Kebangkitan Besar,  karya Eko Laksono memang sedang menjadi santapanku setiap hari. Aku sudah mencari buku ini sejak lama, dan baru tanggal 6 Desember aku mendapatkannya, di toko buku di salah satu mal di Depok, dengan harga yang murah menurutku, 72rb, itu juga nitip ke teman. IMPERIUM III, Zaman Kebangkitan Besar, adalah buku bergenre sejarah dan motivasi, walau memiliki 522 halaman. Tapi tidak membosankan untuk dibaca. Sangat cocok dinikmati oleh semua orang. Dan hati-hati, karena membaca buku ini akan membuat semangat anda berkobar. Recomended deh, dibaca ya..

Satu hal yang membuatku tergerak untuk menshare di tulisan ini adalah tentang orang-orang besar dalam sejarah kehidupan manusia, yang justru bermasalah di sekolahnya, ada di halaman 296. Berikut kutipannya.

Knowledge which is acquired under compulsion has no hold on the mind

Plato

Leonardo da Vinci, adalah anak yang senang belajar, namun ia tidak pernah sekolah.

Isaac Newton, pernah dituduh anak bodoh oleh gurunya karena suka melamun dan tidak konsentrasi.

Thomas A. Edison, adalah anak yang senang belajar dan suka bertanya, tetapi malah dikeluarkan dari sekolah.

Albert Einsten senang belajar, tetapi sering bolos sekolah karena menganggap sekolah sekolah justru menghambat kesenangannya membaca dan main biola. Ia sempat keluar dari sekolah menengah di Munich karena gurunya galak dan melarangnya banyak bertanya.

Bill Gates (pendiri microsoft) adalah mahasiswa drop out dari Harvard, salah satu sekolah terbaik di dunia.

Yang jadi pertanyaan adalah, ada apa dengan sekolah? Apakah sekolah justru terlalu formal, kaku, dan terlalu sistematik sehingga akhirnya justru malah menghabisi kesenangan belajar seseorang? Bagaimana menurut pembaca sekalian?

it is almost a miracle that modern teaching methods have not yet entirely strangled the holy curiosity of inquary; for what this delicate little plant needs more then anything, besides stimulation, is freedom

Albert Einsten