Perhatikan baik-baik gambarnya ya.. menyedihkan? memprihatinkan? biasa aja? yah, kita semua punya perasaan masing-masing dan pasti berbeda.

 

bisa jadi di rumah ini lah aku akan tinggal selama 3 minggu, mulai dari 9 Des – 30 Des, atau di rumah lain yang kondisinya tidak jauh berbeda. mengharapkan yang lebih baik?? sepertinya mustahil… nikmati saja.. sebenarnya, melihat rumah ini mengingatkanku akan desaku, nyaris sama.

selama tiga minggu itulah mungkin kami akan seperti acara “Jika Aku Menjadi..”, bedanya, kami tidak di shoot, tidak profit oriented, murni untuk mengabdi, mengasah kepekaan sosial.

rumah ini terletak di Desa Cidikit, Kampung Tambleg, kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat Mahasiswa SGEI (belum tau SGEI? lihat di page SGEI di blog ane gan!) melakukan KKN, selama tiga minggu. Aku dan 31 orang lainnya akan melakukan program yang powerfull dan berkelanjutan untuk meningkatkan tingkat pendidikan masyarakat di sana.

Kondisi Umum

listrik belum menjangkau ke kampung ini. jadi kalau malem bakal gelap-gelapan deh.. di kampung itu hanya ada satu SD dan satu SMP. beberapa waktu yang lalu madrasah satu-satunya roboh. tempat ibadah juga cuma satu, masjid. sholat lima waktu di masjid hanya maghrib dan isya. selanjutnya masjid akan jadi seperti museum, sunyi senyap.

nah itu gambar masjid saat malam, ba’da maghrib. jama’ahnya sedikit, hanya orang tua. sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani. alhamdulillahnya di kampung itu juga ada Alfamart mini, jadi tetap bisa belanja.

walau Alfamart ini mini, insyaAlloh tetap akan sangat membantu ketika di sana.

Program yang kami rancang

Pendidikan, bidang pendidikan ini akan mendirikan perpustakaan sekolah, taman baca. makanya sekarang kami sedang sibuk menggalang buku. ayo-ayo, siapa yang mau menyumbangkan bukunya? kami siap menerima. uang juga boleh.. hehe

Pemuda Mandiri, bidang ini akan fokus pada perapihan organisasi pemuda, menjadikan karang taruna menjadi produktif.

Ekonomi Pertanian, nah di sinilah aku tergabung. program kami membentuk UKM, eit.. bukan Usaha Kecil Menengah, tapi Usaha Kreatif Mandiri. kami akan bersama-sama membuat semacam mini perusahaan, terdiri dari tim kreatif, tim produksi dan pengemasan, serta pemasaran. di awal ini difokuskan pada satu produk, pangan olahan singkong, Keripik.

ketiga program ini akan diarahkan ke satu tujuan, peningkatan taraf pendidikan kampung Tambleg. yah, semoga setelah kami akan ada lagi yang terketuk hatinya untuk turut membantu meningkatkan kesejahteraan di sana. amin.

salam dahsyat, SyaiHa