cerita Rabu sore, 9 Nopember 2011

sore hari ini dalam suasana mendung. mendung ini sudah sejak pagi. alhamdulillahnya walau hari ini mendung namun hati ini tidak mendung, bahkan cerah dan ceria. ditambah lagi dengan materi dari pak Zainal Umuri tentang Tuhan Inilah Proposal Hidupku. inspiratif, membuatku ingat akan cita-cita dan mimpi yang pernah sempat tertulis beberapa tahun yang lalu, namun entah kemana, raib. tinggal beberapa bagian mimpi yang masih ingat, dan ketika diminta menulis lagi, alhamdulillah ada beberapa mimpi yang sudah mulai nampak titik terangnya. semoga Alloh senantiasa memudahkan semua urusan kita. amin.

ternyata menulis semua harapan dan mimpi kita itu penting, agar kita terus ingat dan tidak salah menikung jika tikungan ada di depan kita nanti. penelitian yang pernah dilakukan Harvard Business School (1979 dan 1989) oleh Mark Mc. Cormark, menyimpulkan bahwa hanya ada 3% masyarakat yang punya rencana hidup yang jelas dan ditulis, 13% masyarakat yang punya rencana hidup yang jelas namun tidak ditulis, sedangkan sisanya 84% tidak memiliki rencana hidup yang jelas, hidup mengalir saja. untung kalo mengalir ke tempat yang benar, tempat yang baik, jika tidak, maka celakalah ia. hasilnya komunitas yang 13%, penghasilannya 2x kali lipat dari komunitas yang 84%, dan dahsyatnya komunitas yang 3% memiliki penghasilan 10x lebih banyak dari yang komunitas 97%. belum lagi kisah inspiratif mas Dananmg Ambar Prabowo, yang juga memulai dengan menuliskan seratus mimpinya di kertas. Ia memulai menulis mimpi sederhananya, tidak muluk-muluk, bisa masak nasi goreng.

ada kata bijak yang bagus untuk direnungkan, pilih mana “gagal merencanakan atau merencanakan kegagalan?”. sebenarnya aku juga bingung sih, hehehe… tapi sepertinya lebih baik kita gagal merencanakan, artinya kita sudah melakukan perencanaan. namun ketika rencana itu kita aplikasikan dalam kehidupan, tidak sesuai, rencana kita gagal. kita bisa melakukan evaluasi untuk melakukan perbaikan. sedangkan merencanakan kegagalan itu, bagiku ia tidak melakukan rencana sama sekali, maka nya gagal. whateverlah, intinya mah, rencana itu hal penting dan harus dilakukan dengan baik.

nah, hari ini dapat ilmu, bahwa untuk menyusun rencana kehidupan kita, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. kita semua adalah makhluk spesial, punya kelebihan yang luar biasa, dan jika itu dioptimalkan maka akan ada karya hebat yang mungkin akan melegenda.

2. tetapkan prestasi terbaik yang ingin anda raih (prestasi terbaik yang aku inginkan adalah menjadi trainer nasional di bidang pendidikan dan memotivasi teman-teman yang unik (baca : cacat) sepertiku)

3. jadilah ahli (expert) di bidang yang kita inginkan. nah, untuk hal ini aku ingat sebuah teori yang disampaikan oleh teman selingkaranku, teori seribu jam. hanya dengan minimal seribu jam, maka barulah kita bisa menjadi ahli, maka berlatihlah setiap hari minimal 3 jam di bidang yang kita inginkan. jika ingin menjadi penulis, maka berlatihlah menulis setiap hari, jangan pikirkan bagus atau tidaknya, menulislah saja. begitu juga dengan yang lainnya.

4. sempurnakan hidup kita mulai dari sekarang. menjadi lebih baik dari hari ke hari adalah sebuah kewajiban, begitulah, untuk meraih mimpi besar, maka kita harus menyempurnakan diri dengan membiasakan diri dengan sikap dan prilaku yang positif.

5. sempurnakan lingkungan anda. teringat sebuah hadist “jika kita bergaul dengan penjual parfum, maka kita akan menjadi harum. sedangkan jika kita bergaul dengan pandai besi, maka kita akan bau asap”. inilah mengapa kita perlu membuat lingkungan yang sempurna untuk menggapai impian kita.

bermimpilah mulai dari sekarang, tuliskan, dan bekerja keraslah untuk menggapainya. mimpi kita memang besar, tapi Alloh kita jauh lebih besar dan maha dahsyat. Alloh akan menilai layak atau tidak mimpi itu terwujud pada diri kita.